Yuk Intip Cara Kerja Solar Panel Beserta Penggunaannya

by -4 views

Pemanfaatan energi alternatif seperti tenaga surya semakin hari kian digemari banyak kalangan masyarakat. Pasalnya, panel surya dinilai jauh lebih ramah lingkungan dan unggul dari segi ekonomis. Tak hanya itu saja, panel surya juga bermanfaat sebagai cadangan energi ketika dibutuhkan. Namun bagaimana cara kerja solar panel beserta penggunaannya? Simak di sini!

 

Prinsip Kerja Panel Surya yang Wajib Anda Ketahui

Solar cell atau biasa disebut dengan sel surya merupakan sebuah alat yang digunakan untuk mengubah energi cahaya matahari menjadi listrik dengan menggunakan prinsip dari efek photovoltaic. Prinsip kerja ini merupakan suatu fenomena yang terjadi karena adanya tegangan listrik akibat hubungan antar dua elektron dan foton  ketika mendapatkan energi cahaya.

Foton dikenal sebagai partikel partikel kecil yang terdapat pada pancaran sinar matahari. Nantinya, partikel tersebut akan menghantam atom yang terdiri atas silikon semikonduktor sel surya. Akibat terjadi hantaman foton tersebut, maka akan menimbulkan energi yang besar dan mampu memisahkan elektron dari struktur penyusunan atom.

Elektron yang terpisah akibat adanya proses hantaman akan berubah menjadi dua muatan yang disebut elektron muatan positif dan negatif. cara kerja solar panel electron negatif cenderung lebih bebas bergerak karena berasal dari material silikon semikonduktor. Kemudian, atom yang kehilangan elektron akibat pergerakannya akan meninggalkan struktur kosong atau disebut hole (positif).

Tak berhenti sampai di situ saja, bagian silikon semi konduktor yang diisi dengan elektron yang bermuatan negative akan berfungsi sebagai donor elektron pada bagian semikonduktor dengan tipe semi konduktor N. Sementara itu, pada bagian semikonduktor yang bermuatan hole atau positif akan berfungsi sebagai penerima atau biasa disebut sebagai tipe P.

Kemudian, pada persimpangan yang terjadi antara dua tipe yakni tipe P dan tipe N akan membentuk suatu proses yaitu PN junction. Dengan adanya proses tersebut akan menimbulkan energi serta mampu mendorong elektron dan hole secara kuat untuk bergerak ke arah berlawanan. Sehingga, arus listrik yang dihasilkan juga berasal dari persimpangan antara daerah (+) dan (-).

 

Implementasi Sel Surya Untuk Menyuplai Listrik Bagi Kebutuhan Sehari Hari

Sederhananya, cara kerja solar panel ini akan menangkap cahaya matahari dan mengubahnya menjadi listrik arus Direct Current (DC). Kemudian, inverter yang terdapat pada panel surya akan mengubah arus DC menjadi arus AC agar membentuk arus listrik. Lalu, listrik yang dihasilkan akan disimpan di dalam baterai dan dapat disalurkan melalui kabel rumah Anda sebagai aliran listrik.

Itulah beberapa informasi mengenai prinsip kerja panel surya beserta implementasinya dalam kehidupan sehari hari yang perlu Anda ketahui. Dalam sistem kerjanya, panel surya memanfaatkan berbagai komponen agar menghasilkan arus listrik. Bagi Anda yang ingin menggunakan panel surya sebagai tenaga alternatif, maka bisa mempercayakannya pada SUNEnergy.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *