Tips Membangun Rumah Minimalis dengan Biaya 200 Juta

by -16 views
Tips Membangun Rumah Minimalis dengan Biaya 200 Juta

Rumah merupakan salah satu kebutuhan pokok yang sangat penting, dengan adanya rumah tentu seseorang dapat hidup dengan aman dan nyaman. Dalam membangun sebuah rumah, diperlukan material bangunan dan juga lahan kosong. Tentu saja, kedua hal ini perlu dibeli dengan uang. Oleh karena itu, sebagian orang menentukan desain rumah mereka dengan biaya yang seminimal mungkin. Salah satu desain rumah yang minim biaya adalah desain rumah minimalis.

Desain rumah minimalis adalah model rumah yang cukup banyak diminati. Hal ini dikarenakan rumah minimalis lebih murah dibandingkan desain rumah yang lain seperti rumah modern dan rumah klasik.

Tips Membangun Rumah Minimalis

Rumah minimalis merupakan desain rumah yang memanfaatkan lahan dan material bangunan dengan seminimal mungkin, namun dapat menciptakan desain yang murah dan nyaman untuk ditempati. Selain itu, rumah minimalis mengedepankan unsur sederhana, sehingga dalam desain ini tidak ditemukan ukiran dan bentuk-bentuk yang terkesan rumit.

Rumah minimalis tentu juga memiliki kelebihan. Selain harganya yang relatif terjangkau, rumah minimalis memiliki suasana yang lebih nyaman dan juga memiliki nilai investasi yang tinggi, dikarenakan banyak diminati, khususnya bagi kalangan milenial.

Setelah anda mengetahui apa itu rumah minimalis, berikut ini adalah beberapa tips membangun rumah minimalis dengan biaya 200 juta.

1. Mencari Lahan yang Murah

Hal ini perlu untuk dilakukan, karena lahan yang murah tentu akan lebih menghemat biaya dalam membangun rumah minimalis. Carilah tanah dengan kisaran harga 50 hingga 70 juta. Untuk mencari lahan yang murah, anda dapat membeli dari orang yang sedang membutuhkan dana mendesak, karena dengan begitu, anda dapat menawar harga tanah. Selain itu, hindari membeli tanah kavling. Tanah kavling adalah sebidang tanah uang yang sudah dipetak-petakan dengan ukuran tertentu dan memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan tanah lahan atau tanah di luar perumahan.

2. Memilih Bahan Bangunan yang Murah dan Berkualitas

Dalam membangun rumah minimalis dengan biaya 200 juta, diperlukan ketepatan memilih bahan bangunan yang murah, namun berkualitas. Misalnya, dalam hal memilih besi beton, pilihlah besi beton yang sudah memiliki logo SNI (Standar Nasional Indonesia) seperti Krakatau Steel dan Cakratunggal Steel.

Begitu juga dalam memilih batu bata. Batu bata dengan kualitas yang baik akan terasa ringan pada saat diangkat dan juga mengeluarkan suara nyaring apabila diketuk.

3. Memilih Desain Interior yang Tidak Rumit

Melakukan pekerjaan yang rumit pastinya akan memakan lebih banyak waktu dan ruang selama proses kontruksi. Oleh karena itu, ketika anda  membangun rumah minimalis dengan biaya 200 juta, anda hendaknya memilih desain interior yang sederhana, karena hal ini tentu lebih menghemat waktu dan juga uang. Misalnya, ketika hendak melakukan pemasangan ubin. Ubin dengan desain satu warna tentu jauh lebih murah dibandingkan memasang ubin dengan warna yang beragam.

4. Memilih Tukang Bangunan Borongan

Terdapat dua sistem pembayaran upah yang diterapkan untuk membayar tukang bangunan, yaitu sistem harian dan sistem borongan. Sistem harian adalah sistem upah yang diberikan  perhari. Sistem ini sangat cocok apabila anda sedang ingin membangun proyek dalam skala kecil, seperti membangun pintu, mengecat ulang dinding ruangan dan mengganti keramik rumah. sedangkan apabila anda sedang membangun rumah minimalis dengan biaya 200 juta, tentu memilih sistem borongan adalah pilihan yang tepat. Pasalnya, sistem borongan menggunakan sistem membayar secara keseluruhan pekerjaan dan umumnya jauh lebih murah dibandingkan sistem harian. Perlu diperhatikan bahwa anda hanya perlu memilih sistem borongan yang di mana anda hanya membayar jasa tukangnya saja. Sedangkan untuk material bangunan, anda dapat membeli sendiri agar lebih hemat.

Demikianlah beberapa tips dalam membangun rumah minimalis dengan biaya 200 juta. Dalam membangun rumah minimalis yang murah, jangan lupa untuk tetap memperhatikan kualitas barang dan juga memilih tukang bangunan yang terpercaya, agar rumah tetap memiliki kualitas yang bagus walau dengan biaya yang murah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *