Saldo Kartu Kurang? Isi Ulang Aja Lewat Mesin Vending Machine Ini

by -53 views
Saldo Kartu Kurang? Isi Ulang Aja Lewat Mesin Vending Machine Ini

PT. Kereta Commuter Indonesia (PT.KCI) pernah ngeluarin Vending Machine pada 2015 yang nimbulin banyak kontroversi di masyarakat, karena banyak yang beranggapan kalo mesin ini nggak praktis. Contohnya saat beli tiket masih harus pake uang edisi lama, selain itu mesin ini juga sering banget eror! Yang harusnya kita bisa ngehemat waktu, malah jadi buang-buang waktu nungguin mesin ini dibenerin dulu.

 

Dan yang paling repotnya kalo kita udah beli tiket, saat di kereta nanti kita mau turun bukan ke tujuan awal seperti yang tertera di tiket, di stasiun yang akan kita turuni nanti kita dikenakan penalti sebesar Rp10 ribu . Rugi banget nggak sih? Nah, sekarang kita nggak perlu khawatir lagi karena kini PT.KCI ngeluarin inovasi terbarunya nih, yakni Vending Machine Fare Adjustment.

Vending Machine Fare Adjustment atau disebut dengan Mesin Penyelaras Tarif yang bisa memudahkan kita pas akan turun bukan di tujuan awal saat kita beli tiket. Caranya juga mudah banget lho, kita tinggal turun di stasiun yang kita inginkan dan cari Vending Machine Fare Adjustment, lalu masukkin tiket dan otomatis mesin ini akan menyelaraskan tarif perjalanan yang harus kita bayar.

Selain bisa dipake untuk Tiket Harian Berjamin (THB), Vending Machine Fare Adjustment juga bisa dipake untuk Kartu Multi Trip (KMT). Caranya juga sama aja kok, saat akan tap out dan saldo kita kurang dari Rp13 ribu rupiah (saldo kurang dari Rp13 ribu akan dikenakan penalti saat gate out nanti) dan untuk mengantisipasi penalti tersebut kita bisa lakuin top-up di Vending Machine Fare Adjustment.

FYIVending Machine Fare Adjustment udah tersedia di 25 stasiun. Jika nggak bisa nemuin mesin ini, kita bisa kok ngelakuin penyelarasan tarif di loket dua arah atau minta tolong ke petugas stasiun. Dengan mulai diterapkannya kebijakan ini per-8 Januari 2018, sekarang saldo minimum (saldo mengendap) KMT yang sebelumnya Rp13 ribu kini hanya 5 ribu rupiah aja. Lumayan kan sisa Rp8 ribu bisa kita gunain untuk ongkos kereta? Hehe.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *