Mengklasifikasikan dan Mengidentifikasi Kekurangan Teks Diskusi

by
Mengklasifikasikan dan Mengidentifikasi Kekurangan Teks Diskusi

Mengklasifikasikan Teks Diskusi

Berikut adalah struktur teks diskusi.

  1. Judul
  2. Paragraf pendahuluan yang memuat pertanyaan dan pernyataan untuk didiskusikan.
  3. Paragraf yang memuat bukti, alasan, argumen yang mendukung atau menolak pernyataan terkait dengan isu.
  4. Simpulan yang memuat pandangan akhir yang mendukung atau menolak pernyataan tentang isu.

Kalian bisa mengklasifikasikan teks diskusi berdasarkan struktur di atas.

Perhatikan teks berikut.

Media teknologi yang makin berkembang ialah wadah untuk membantu memberikan informasi dan pengetahuan yang berkembang, seperti maraknya dunia blogging, forum komunitas-komunitas, membuat grup di facebook, dan lain-lain, yang masing-masing menonjolkan kemampuan dari kreativitas mereka di dunia maya. Manfaat secara positif kemajuan teknologi itu sendiri memberikan nilai yang tidak terbatas. Media layanan e-mail dan website membantu kita berhubungan di penjuru negara manu pun untuk berkomunikasi baik itu urusan bisnis, perkantoran, maupun pribadi.

Namun, masalah lain lebih urgen yang berkaitan dengan perkembangan media teknologi, tidak semua hal positif kita dapatkan di sini. Dalam sebuah artikel “Anak-anak Kita Berlomba Porno, Astagfirullah”, Yayasan Kita dan Buah Hati pada 2008, melakukan survey terhadap  1.625 siswa kelas IV-V SD di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Ditemukan data 66% anak berumur 9-12 tahun telah menyaksikan materi pornografi dan akses anak-anak tersebut (16%) berasal dari situs porno. Negara-negara di bagian Asia, terutama Indonesia, merupakan peringkat nomor satu sebagai pengakses pornografi dan dalam kurun waktu 4 tahun berturut-turut Indonesia masih menjadi nomor satu.

Memandang positif dan negatif kemajuan teknologi bagi kemaslahatan bangsa adalah kontrol secara internal mulai dari keluarga untuk mengawasi anak didik dari dampak negatif itu sendiri, dan pemerintah, khususnya badan-badan yang berwenang menangani untuk mengambil langkah tepat untuk mengurangi dampak dari kemajuan sisi buruk teknologi itu sendiri.

 

Pada paragraf pertama kalimat pertama, dituliskan pernyataan yang akan dibahas dalam teks tersebut, yaitu media teknologi yang semakin berkembang. Sementara itu, di kalimat berikutnya berisi argumen pro isu, yaitu Manfaat secara positif kemajuan teknologi itu sendiri memberikan nilai yang tidak terbatas. Media layanan e-mail dan website membantu kita berhubungan dipenjuru negara manapun untuk berkomunikasi baik itu urusan bisnis, perkantoran maupun pribadi.

Di paragraf kedua, berisi argumen-ergumen yang kontra isu, yaitu dampak negatif media teknologi, di antaranya adalah merebaknya pornografi. Sementara di paragraf ketiga berisi simpulan teks yang memuat pandangan akhir penulis.

 

Mengidentifikasi Kekurangan Teks Diskusi berdasarkan Kaidah-Kaidah Teks

Tidak jauh berbeda mengidentifikasi kekurangan pada teks sebelumnya, untuk mengidentifikasi kekurangan teks diskusi dapat dilihat sebelumnya, untuk mengidentifikasi kekurangan teks diskusi dapat dilihat dari isi (struktur) teks diskusi penggunaan bahasa teks tersebut, yaitu isu, argumen pro atau kontra, dan konklusi atau simpulan.

Perhatikan teks berikut.

Kurikulum 2013, yang rencananya diterapkan mulai tahun ajaran 2013/2014, masih menimbulkan pro dan kontra di kalangan praktis pendidikan. Pihak yang mendukung kurikulum baru menyatakan, Kurikulum 2013 memadatkan pelajaran sehingga tidak membebani siswa, lebih fokus pada tantangan masa depan bangsa, dan tidak memberatkan guru dalam penyusunan kurikulum tingkat satuan pendidikan.

Pihak yang kontra menyatakan, Kurikulum 2013 justru kurang fokus karena menggabungkan mata pelajaran IPA dengan Bahasa Indonesia di sekola dasar. Ini terlalu ideal karena tidak mempertimbangkan kemampuan guru serta tidak dilakukan uji coba dulu di sejumlah sekolah sebelum diterapkan.

Teks diskusi di atas merupakan teks diskusi yang tidak lengkap dan tidak mengikuti kaidah-kaidah teks karena tidak memiliki judul dan simpulan. Teks di atas hanya memiliki pendahuluan dengan ergumen pro digabung dalam satu paragraf dan penjelasa tentang argumen kontra yang dilatakkan pada paragraf kedua beserta alasannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *