Mengklasifiasikan dan Mengidentifikasi Kekurangan Teks Cerita Biografi

by -172 views
Mengklasifiasikan dan Mengidentifikasi Kekurangan Teks Cerita Biografi

Mengklasifikasikan Teks Cerita Biografi

Berdasarkan isinya, teks biografi dapat dikelompokkan menjadi biografi perjalanan hidup, yang isinya berupa perjalanan hidup lengkap atau sebgainya yang paling terkesan, dan biografi perjalanan karir yang isinya berupa perjalanan karir dari awal hingga karir terbaru, atau sebagian perjalanan karir dalam mencapai sukses tertentu. Sementara dari sisi penulisnya, dikelompokkan menjadi autobiografi, yaitu kisah hidup seseorang yang ditulis sendiri oleh tokoh tersebut. Lalu yang kedua adalah biografi, yaitu kisah hidup seseorang yang ditulis oleh orang lain.

Perhatikan teks berikut.

Teks 1 (biografi perjalanan hidup)

Adam Malik Batubara (lahir di Pematangsiantar, Sumatera Utara, 22 juli 1917, meninggal di Bandung, Jawa Barat, 5 September 1984 pada umur 67 tahun) adalah mantan Menteri Indonesia untuk beberapa departemen, salah satunya ia pernah menjabat menjadi Menteri Luar Negeri. Ia juga pernah menjadi Wakil Presiden Indonesia yang ketiga.

Adam Malik yang dikenal sebutan “Si Bung dari Siantar” merupakan anak dari passangan Abdul Malik Batubara dan Salamah Lubis. Ayahnya, Abdul Malik adalah seorang pedagang kaya di Pematangsiantar. Adam Malik adalah anak ketiga dari sepuluh bersaudara. Adam Malik menempuh pendidikan dasarnya di Hollandsch-Inlandsche School Pematangsiantar. Ia melanjutkan di Sekolah Agama Parabek di Bukittinggi, namun hanya satu setengah tahun saja karena kemudian pulang kampung dan membantu orang tua berdagang.

Keinginannya untuk maju dan berbakti kepada bangsa, mendorong Adam Malik untuk pergi merantau ke Jakarta. Pada usia 20 tahun, ia bersama dengan Soemanang, Sipahutar, Armijn Pane, Abdul Hakim, dan Pandu Kartawiguna memelopori berdirinya Kantor Berita Antara.

Teks 2 (biografi perjalanan karier)

Pada tahun 2010, Mario Teguh kembali maeraih penghargaan dari Museum Rekor Indonesia, MURI, sebagai motivator dengan Facebook Fans terbeasr di Indonesia. Di tahun 2010, beliau terpilih sebagai satu dari delapan tokoh perubahan 2009 versi Repubilka surat kabar yang terbit di Jakarta.

Pada tahun 2003, beliau mendapat penghargaan dari Museum Rekor Indonesia, MURI, sebagai penyelenggara seminar berhadiah mobil pertama di Indonesia. Lalu, pada tahun 2010, ia kembali meraih penghargaan dari Museum Rekor Indonesia sebagai motivator dengan halaman penggemar Facebook terbesar di Indonesia.

Sebelumnya, beliau membawakan acara bertajuk “Business Art” di O’Channel. Kemudian namanya semaikn dikenal luas oleh masyarakat ketika ia membawakan acara “Mario Teguh Golden Ways” di Metro TV. Pada saat ini Mario Teguh dikenal sebgai satu motivator termahal di Indonesia.

Selain itu, teks biografi dapat kita lihat strukturnya, yaitu:

  1. Judul
  2. Pengantar
  3. Perkenalan tokoh,
  4. Keistimewaan tokoh,
  5. Hikmah di balik kehidupan tokoh, dan
  6. Penutup.

 

Mengidentifikasi Kekurangan Teks Cerita Biografi berdasarkan Kaidah Teks

Sebelumnya, telah disebabkan bahwa teks cerita biografi adalah kisah hidup seseorang berdasarkan fakta. Dengan kata lain, teks biografi bersifat faktual. Tokoh yang dikasihkan dalam biografi biasanya adalah orang terkenal dan dapat dijadikan teladan. Oleh karena itu, isi dari teks cerita biografi pasti sudah dipertimbangkan dengan matang oleh penulisnya. Berikut adalah beberapa hal yang sebaiknya tidak perlu dicantumkan dalam sebuah teks biografi.

  1. Hal yang belum atau tidak sesuai dengan fakta.
  2. Opini-opini yang berlebihan tentang tokoh yang ditulis.
  3. Kisah hidup pribadi tokoh yang tidak layak dipublikasikan.

Cermati teks biografi berikut :

Wanita adalah dunia Chairil sesudah buku. Tercatat nama Ida, Sri Ayati, Gadis Rasyid, Mirat, dan Roosmeini adalah gadis yang dikejar-kejar Chairil. Bahkan, semua nama gadis itu masuk ke dalam puisi-puisi Chairil. Namun, kepada Gadis Karawang, Hapsah, Chairil memilih untuk menikahinya.

Pernikahan itu tak berumur panjang. Hal ini disebabkan kesulitan ekonomi, dan gaya hidup Chairil yang tak berubah. Hapsah meminta cerai. Saat anaknya berumur 7 bulan, Chairil pun menjadi duda. Tak lama setelah itu, pukul 15:15 WIB, 28 April 1949, Chairil meninggal dunia. Ada beberapa versi tentang sakitnya. Namun, yang pasti, TBC kronis yang menyebabkan kematiannya.

Walaupun bersifat faktual, tetapi ada beberapa hal dari penggalan biografi di atas yang tidak layak untuk dipublikasikan karena tidak dapat menjadi teladan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.