Omnichannel marketing adalah pendekatan yang memperhitungkan berbagai saluran dan metode pemasaran yang digunakan.
Strategi ini membantu bisnis untuk menjangkau audiens yang menjadi target bisnis di berbagai platform dan titik kontak, sehingga meningkatkan peluang untuk meningkatkan penjualan.
Strategi omnichannel marketing dapat digunakan oleh perusahaan dari semua ukuran, dari bisnis kecil hingga perusahaan besar.
Memungkinkan perusahaan-perusahaan ini untuk menyampaikan pesan pemasaran mereka dengan cara yang menghasilkan dampak maksimal pada audiens target.
Untuk membuat strategi omnichannel yang efektif, penting untuk mengidentifikasi segmentasi pelanggan Anda dan menentukan saluran mana yang mereka sukai.
Mindset ini akan membantu Anda memutuskan jenis konten yang harus Anda tayangkan di setiap saluran.
Bagaimana Memulai dengan Strategi Omnichannel Marketing?
Tidak mudah menerapkan strategi pemasaran omnichannel yang sukses karena membutuhkan banyak perencanaan dan sumber daya.
Namun, ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk memulai rencana Anda. Ini termasuk:
- Tentukan tujuan dan sasaran kampanye Anda.
- Identifikasi audiens target dan buat daftar saluran yang akan berinteraksi dengan mereka.
- Buat outline konten yang akan dibuat melalui masing-masing channel.
- Rencanakan apa yang akan terjadi jika setiap saluran berhasil atau tidak berhasil menjangkau pemirsanya – ini termasuk mengukur keberhasilan atau kegagalan melalui data seperti klik, konversi, dll.
- Siapkan anggaran untuk kampanye sesuai dengan tujuan dan sasaran Anda.
Bagaimana Omnichannel Marketing Akan Mengubah Bisnis Anda dalam Lima Tahun Kedepan
Omnichannel marketing adalah kata kunci baru di dunia bisnis. Omnichannel bukan hanya tentang pemasaran digital.
Tetapi tentang bagaimana marketer dapat menggunakan fasilitas seperti media sosial, email, dan aplikasi seluler untuk menciptakan pengalaman yang dipersonalisasi bagi pelanggan mereka.
Masa depan omnichannel marketing sangat cerah dan akan terus berkembang seiring semakin banyak konsumen yang merasa lebih nyaman menggunakan platform digital dalam kehidupan sehari-hari mereka.
Bagaimana Omnichannel Mengubah Interaksi Pelanggan dan Menghasilkan Pendapatan untuk Perusahaan
Omnichannel mengubah interaksi pelanggan dan menghasilkan pendapatan bagi perusahaan. Anda bisa mendapatkan berbagai keuntungan dengan penerapan yang benar tentang strategi ini.
Kami telah merangkumnya menjadi 10 poin utama dari efek omnichannel terhadap bisnis anda.
10 cara untuk menghasilkan pendapatan dari saluran omni Anda adalah:
- Tingkatkan tingkat retensi pelanggan dengan memberikan pengalaman yang dipersonalisasi
- Memberikan layanan yang lebih baik kepada pelanggan Anda dengan memperluas skala layanan Anda
- Hasilkan lebih banyak prospek dan penjualan melalui pemasaran omnichannel
- Tingkatkan pengalaman pelanggan melalui keterlibatan omnichannel
- Mengurangi biaya yang terkait dengan pemeliharaan toko fisik
- Tawarkan harga yang lebih baik untuk produk dan layanan
- Dorong lebih banyak lalu lintas ke situs web atau toko Anda
- Menawarkan harga yang lebih rendah pada produk yang ada dengan menurunkan markup produk
- Kurangi biaya yang terkait dengan saluran omni Anda dengan mengoptimalkan proses operasional
- Berikan layanan baru di saluran omni Anda untuk menghasilkan pendapatan
Memilih Omnichannel Software
Memilih perangkat lunak omnichannel bukanlah tugas yang mudah karena ada begitu banyak platform di luar sana dengan fitur dan fungsi yang berbeda.
Kami merekomendasikan omnibotika, sebuah omnichannel software karya perusahaan dalam negeri yaitu Botika Technology.
Omnibotika memiliki semua fitur yang di butuhkan untuk melakukan kegiatan omnichannel marketing.
Desain layout yang “newbie friendly” membuat software ini mudah digunkan sekalipun anda adalah seorang pemula.
Omnibotika juga telah meraih penghargaan medali perunggu di ajang ASEAN ICT Awards 2021.
Omnibotika adalah investasi yang tepat untuk anda yang ingin memasuki dunia omnichannel.