Membaca dan Menentukan Informasi Dari Teks Laporan Investigasi

by -350 views
Membaca dan Menentukan Informasi Dari Teks Laporan Investigasi
Sumber: wiseworkplace.com.au

Membaca teks laporan investigasi

Ibu guru memberikan tugas selama liburan. Ibu guru ingin anak-anak memberikan laporan terperinci atau laporan investigasi tentang hal yang menarik dan bermanfaat yang dilihat selama liburan.

Laporan investigasi adalah laporan yang dibuat berdasarkan hasil penyelidikan atau wawancara. Struktur dalam laporan investigasi terdiri atas informasi umum, fakta-fakta sesuai data, dan kesimpulan. Metode atau cara yang dapat digunakan dalam membuat laporan investigasi ialah metode wawancara, metode pengamatan atau kunjungan, dan metode pustaka (buku-buku rujukan).

Made bersama teman-teman kelompoknya ingin mengetahui proses budi daya padi. Bacalah contoh laporan investigasi berikut dengan saksama! Setelah itu, jawablah pertanyaan-pertanyaan yang diberikan!

LAPORAN HASH PENGAMATAN

Judul               : Proses Budi Daya Padi

Tugas               : Kelompok

Metode            : Wawancara dengan narasumber

Narasumber     : Pak Tarman, 50 tahun, petani Desa Sukmajaya

Proses Budi Daya Padi

Beras adalah bahan baku untuk membuat nasi. Beras berasal dari bulir padi yang sudah dikupas kulitnya. Tanaman padi ditanam di sawah yang cukup air.

Ada beberapa tahapan dalam budi daya padi. Tahap pertama yaitu tahap pengolahan tanah. Tahap pengolahan tanah pada budi daya padi sawah meliputi dua bagian pentmg, yaitu persiapan lahan dan persiapan irigasi. Persiapan lahan meliputi pembersihan jerami padi atau sisa tanaman lain, penggemburan tanah, dan perbaikan pematang yang rusak. Sementara persiapan irigasi perlu dipersiapkan agar saat proses penanaman air yang diperlukan oleh tanaman terjamin.

Tahap kedua adalah tahap pembibitan. Pembibitan padi sawah harus dilakukan di tempat persemaian. Pembuatan persemaian merupakan bagian paling pentmg dalam budi daya padi karena benih yang dihasilkan akan menentukan pertumbuhan tanaman padi di sawah. Lokasi untuk pembibitan sebaiknya dipilih tanah yang subur dengan intensitas cahaya matahari yang cukup.

Tahap ketiga yaitu tahap penanaman. Setelah bibit padi ditanam, sawah sebaiknya segera diairi agar bibit tidak layu dan kering. Pada umur sebulan, tanaman padi sudah tampak subur dan mulai tumbuh anakan. Setelah itu, tibalah saatnya tanaman padi dipupuk. Tujuan pemupukan supaya tanaman padi tumbuh subur dan menghasilkan anakan banyak.

Kira-kira umur empat bulan, padi yang sudah menguning siap dipanen. Cara memanen padi cukup mudah. Padi dipotong bersama dengan batangnya menggunakan sabit. Setelah itu, padi dirontokkan dengan mesin perontok menjadi bulir padi. Bulir padi kemudian diangkut lalu dijemur. Terakhir, padi digiling menjadi beras.

Untuk mendapatkan kualitas gabah dan butiran beras yang baik, selam waktu panen yang tepat, perlu diperhatikan bahwa setelah padi dipotong dengan sabit, sebaiknya segera dilakukan perontokan. Jika perontokan ditunda keesokan harinya, butir beras biasanya tidak bagus lagi.

 

Menemukan informasi penting laporan investigasi

Kamu dapat menemukan informasi penting suatu laporan dengan cara membaca secara intensif. Tandailah kata-kata penting agar kamu mudah menangkap informasi dalam laporan tersebut! Ayo, bacalah laporan investigasi berdasarkan artikel berikut!

Pernahkah kamu melihat bebek? Awal mulanya, bebek berasal dari daratan Amerika yang merupakan bebek liar (Anas moscha). Selanjutnya, untuk waktu yang cukup lama dijinakkan oleh manusi a dan lahirlah jenis bebek ternakan (Anas domesticus).

Permintaan produk bebek baik berupa daging maupun telur sebagai sumber protein hewani untuk keperluan pangan manusia saat ini terus mengalami peningkatan yang baik. Oleh karena itu, banyak orang yang beternak bebek untuk diambil hasilnya, yaitu telur dan dagingnya. Berikut hal-hal yang sebaiknya diperhatikan dalam beternak bebek.

  • Kebersihan kandang

Kebersihan kandang adalah hal utama dalam beternak bebek. Bebek-bebek harus mendapatkan kandang yang bersih agar dapat tumbuh sehat. Temperatur kandang bebek adalah 27°C-30°C, memiliki kelembapan kandang berkisar antara 60-65%, dan penerangan kandang yang cukup baik.

  • Pembibitan

Ternak bebek yang dipelihara sebaiknya merupakan ternak yang telah diuji keunggulannya. Ada tiga cara memperoleh bibit bebek yang baik, di antaranya sebagai berikut.

  1. Membeli telur tetas dari induk bebek yang dijamin keunggulannya.
  2. Memelihara induk bebek jantan dan betina unggul untuk mendapatkan telur tetas.
  3. Membeli DOD (Day Old Duck) dari pembibitan yang sudah dikenal mutunya maupun yang telah mendapat rekomendasi dari Dinas Peternakan setempat.
  • Sanitasi dan tindakan preventif

Sanitasi kandang sangat diperlukan dalam pemeliharaan bebek. Tindakan preventif (pencegahan penyakit) perlu diperhatikan sejak dini untuk mewaspadai timbulnya penyakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *