Memahami Teks Ulasan

by -175 views
Memahami Teks Ulasan

Memahami Karakteristik Teks Ulasan

Perhatikan teks berikut.

Anda harus menempatkan diri Anda di posisi Steve Kloves, penulis naskah seri petualangan Harry Potter yang telah mengadaptasi seluruh karya J. K. Rowling (kecuali Harry Potterand the Order of the Phoenix, 2007). Untuk Harry Potter and the Deathly Hallows, Kloves harus mengadaptasi sebuah buku setebal lebih dari 700 halaan menjadi dua buah film yang berdurasi total hampir sepanjang 5 jam. Bukan hal yang mudah, tentu saja, karena setiap halaman Harry Potter and the Deathly Hallows dipenuhi berbagai detail cerita yang cukup kompleks. Mau tidak mau, banyak dari bagian cerita tersebut yang harus dibuang dan tidak digunakan dalam versi filmnya. Hal inilah yang mungkin membuat beberapa karakter terkesan memiliki peran yang kurang begitu mampu ditonjolkan atau beberapa adegan yang terasa berjalan terlalu singkat.

Teks di atas adalah contoh teks ulasan. Teks tersebut mengulas sebuah film, yaitu Harry Potter and the Deathly Hallows. Disebut teks ulasan karena isinya adalah hasil mengulas atau meninjau suatu karya. Karya tersebut dapat berupa film, buku, benda, dan sebagainya. Ulasan dibuat untuk menunjukkan kualitas, kelebihan, dan kekurangan suatu karya sebagai bahan pertimbangan bagi pembaca. Adapun cerita adalah sebagai berikut :

  1. Menggunakan kata-lata yang menyatakan subjektivitas dan keberpihakan penulis, misalnya berbeda dengan … , karya ini sungguh … , dan sebagainya.
  2. Penggunaan kata yang menyatakan persetujuan/penolakan.

 

Membandingkan Teks Ulasan dengan Jenis Teks Lainnya

Perhatikan teks berikut.

Teks 1

Pernakah anda menghadapi situasi tertentu dengan perasaan takut? Bagaimana cara mengatasinya? Di bawah ini, ada lima jurus untuk mengatasi rasa takut tersebut. Pertama, persiapkan diri Anda sebaik-baiknya bila menghadapi situasi atau suasana tertentu. Kedua, pelajari sebaik-baiknya bila menghadapi situasi tersebut. Ketiga, pupuk dan binalah rasa percaya diri. Keempat, setelah timbul rasa percaya diri, pertebal keyakinan Anda. Kelima, untuk menambah rasa percaya diri, kita harus menambah kecakapan atau keahlian melalui latihan atau belajar sungguh-sungguh.

Teks 2

Tetapi ozon adalah pengobatan suatu penyakit dengan cara memasukkan oksigen murni dan ozon berenergi tinggi ke tubuh melalui darah. Tetapi ozon sangat bermanfaat bagi kesehatan, baik untuk menyembuhkan maupun mencegah penyakit.

Kedua teks di atas bukan merupakan teks ulasan, melainkan teks eksposisi. Seperti sudah dituliskan di atas bahwa ciri teks ulasan adalah adanya keberpihakan penulis tentang sesuatu yang diulas. Kedua teks di atas tidak berisi keberpihakan penulis, tetapi berisi penyejian sebuah pengetahuan atau informasi. Sementara teks eksposisi adalah teks berisi argumentasi penulisnya yang bertujuan memaparkan, menjelaskan, menyampaikan informasi suatu masalah.

 

Mengklasifikasi Teks Ulasan

Berikut adalah struktur teks ulasan.

  1. Judul, menggambarkan isi secara keseluruhan.
  2. Pendahuluan, menyatakan topik yang akan diulas.
  3. Paragraf, menyatakan keberpihakan penulis.
  4. Simpulan, menegaskan kembali keberpihakan penulis.

Contoh:

  1. Pendahuluan

Orde Phoenix adalah salah satu episode dari buku Harry Potter. Anda merasa mengerti dan tertarik membacanya pada saat Anda membaca sampai akhir.

  1. Keberpihakan penulis

saya benar-benar mencintai Harry Potter. Semua seri tersebut akan selalu mempunyai tempat khusus di hati saya. Namun, saya harus mengatakan bahwa dari semua buku, episode ini bukan favorit saya. Ketika seri dimulai, semua bagaikan pengalaman meminum secangkir besar cokelat panas. Cerita-ceritanya terang, cepat, menarik, dan memuaskan.

  1. Penegasan keberpihakan penulis

Kisah “nyata” tampaknya terjadi di 1/3 babak dari buku, dan bagian ini saya cintai. Saya benar-benar menyukai ending (dan, saya menangis!). Sesedih itu. Bagian ini dikemas dengan “pukulan” dan itu membuat saya sangat peduli akan ceritanya. Buku ini tetap menjadi salah satu yang terbaik.

 

Mengidentifikasi Kekurangan Teks Ulasan

Kelebihan atau kekurangan teks ulasan dapat dinilai dari aspek isi dan penggunaan bahasanya. Apakah teks ulasan sudah sesuai dengan struktur teks ulasan? Apakah penggunaan bahasa sudah sesuai dengan EYD?

Dalam membuat ulasan terdapat keberpihakan penulis. Hal yang perlu diperhatikan adalah keberpihakan tersebut harus disertai argumen yang logis. Penilaian penulis tentang buku atau film yang diulas juga harus objektif?\

Perhatikan teks berikut.

Saya benar-benar mencintai Harry Potter. Semua seri tersebut akan selalu mempunyai tempat khusus di hati saya.

Petikan teks di atas merupakan ulasan yang berisi keberpihakan penulis, tetapi tidak disertai argumen yang logis. Bagian ini hanya menyatakan keberpihakan penulis secara pribadi (subjektif).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *