Memahami Teks Certa Prosedur

by -143 views
Memahami Teks Certa Prosedur
Sumber: Youtube Putri Hidayatin Nisa

Memahami Karakteristik Teks Cerita Prosedur

Teks cerita prosedur adalah teks yang berisikan cara melakukan atau membuat sesuat atau berisi langkah-langkah yang harus ditempuh untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Langkah-langkah itu biasanya tidak dapat dibolak-balik.

Perhatikan teks berikut.

Cara membuat Donat

Donat adalah salah satuj jenis kue basah yang banyak digemari oleh semua orang di berbagai belahan dunia. Cara membuat donat cukup mudah, sehingga Anda dapat mencoba membuatnya di rumah. Selain itu, bahan yang diperlukan untuk membuat donat sangat mudah didapatkan, dan tidak memerlukan banyak waktu dalam proses membuatnya. Bagi yang gemar mengonsumsi donat dan ingin mencoba membuat donat sendiri di rumah, silahkan lihat selengkapnya dalam artikel cara membuat donat sederhana empuk, lembut, enak, dan praktis berikut ini.

Bahan yang diperlukan adalah 200 cc air, ½ Kg tepung terigu, ½ bungkus ragi instan, 11 gram, 4 sendok makan gula pasir, 3 sendok the garam, 2 butir telur. Untuk taburan, bisa menggunakan gula halus.

Cara membuat:

  • Kocok 2 butir telur dengan sendok, kemudian masukkan gula pasir, garam, susu, mentega, dan tepung terigu, aduk hingga rata.
  • Setelah itu campurkan ragi ke dalam air, aduk rata dan masukkan ke dalam adonan tersebut. Uleni hingga kalis dan diamkan dalam wadah tertutup sekitar 20 menit hingga adonana mengembang.
  • Selanjutnya mabil 1 sendok makan adonan dan bulatkan, simpan ke dalam wadah yang telah ditaburi dengan terigu agar adonan menjadi tidak lengket. Lakukan cara tersebut hingga adonan habis dan diamkan selama 20 menit hingga bulatan adonan terlihat mengembang.
  • Panaskan minyak goreng, lubangi tengah bulatan adonan tersebut, goreng dengan ap kecil dan tunggu hingga warnanya berubah kecokelatan. Angkat dan diamkan.
  • Taburi donat dengan gula halus atau sesuai selera Anda. Donat sederhana siap untuk dihidangkan.

 

Teks di atas adalah contoh dari teks prosedur. Perhatikan, teks tersebut berisi cara membuat sesuatu, yaitu donat. Dari bahan yang diperlukan langkah pembuatan sampai donat siap dihidangkan.

 

Membedakan Teks Prosedur dengan Jenis Teks Lainnya

Penyajian teks yang berbeda akan membuat sebuah teks berbeda bentuk walaupun memiliki topik yang sama. Perhatikan kedua berikut :

Teks 1

Sekarang ini, jumlah sampah di Indonesia sangat menumpuk dan presentase terbesar adalah sampah dari plastik. Jika kita tidak berpikir ke depan, tentunya sampah dan limbah plastik akan merusak ekosistem dan struktur tanah di Indonesia. Bentuk kepedulian akan penyelamatan bangsa ini dapat dilakukan dengan memanfaatkan limbah plastik menjadi sesuatu yang bermanfaat. Kali ini kita akan belajar bagaimana membuat tempat perhiasan unik dari botol plastik.

Bahan:

  • Dua botol plastik besar (coca cola/sprite)
  • Lem (untuk merekatkan resleting ke botol)
  • Resleting
  • Jarum jahit
  • Benang

Cara membuat:

  • Potong dua botol dari dasar botol sekitar 10 cm.
  • Ambil dasar botol
  • Pasang resleting dengan menggunakan lem khusus plastik untuk menangkupkan dasar botol.
  • Untuk menguatkan, resleting dijahit dengan jarak memanjang kurang lebih 1 cm.
  • Tempat perhiasan siap digunakan.

Teks 2

Sampah merupakan material sisa yang tidak diinginkan setelah berakhirnya suatu proses. Sampah didefinisikan oleh manusia menurut derajat keterpakaiannya. Dalam proses-proses alam, sebenarnya tidak ada konsep sampah, yang ada hanya produk-produk yang dihasilkan setelah dan selama proses alam tersebut berlangsung. Namun dalam kehidupan manusia, sampah didefinisikan sebagai berang atau benda yang dibuang karena tidak dipakai lagi.

Menurut jenisnya, sampah dikategorikan menjadi dua, yaitu sampah organik dan sampah anorganik. Sampah organik adalah sampah yang mudah membusuk, seperti sisa makanan, sayuran, dan daun-daunan kering, sampah dapat diolah lebih lanjut menjadi kompos. Adapun sampah anorganik adalah sampah yang tidak mudah membusuk seperti plastik wadah pembungkus makanan, kertas, plastik mainan, botol, dan gelas minuman, kaleng, serta kayu. Sampah ini dapat dijadikan sampah komersil atau sampah yang laku dijual untuk dijadikan produk lainnya.

Kedua teks di atas memiliki topik yang sama, yaitu bicara tentang sampah. Namun, karena disajikan dengan cara yang berbeda, maka bentuk teksnya pun berbeda. Teks 1, merupakan teks prosedur karena berisi langkah-langkah untuk membuat sesuatu. Sementara teks 2 merupakan teks laporan observasi yang memberikan informasi yang berkaitan dengan sampah.

 

Mengklasifikasi Teks Cerita Prosedur

Perhatikan kembali teks “Cara Membuat Donat” di atas. Sekarang, bandingkan dengan teks di bawah ini :

Bufantecid (Obat Sakit Maag)

Dosis:

  • Dewasa: 1-2 sendok takar, 3-4 kali sehari
  • Anak-anak 6-12 tahun: ½-1 sendok takar, 3-4 kali sehari.

Aturan pakai:

  • Diminum 1 jam sebelum makan atau 2 jam sesudah makan dan menjelang tidur. Atau menurut petunjuk dokter.

Teks “Cara Membuat Donat” merupakan teks prosedur carapembuatan sesuatu, sementara teks “Dosis dan Aturan Pakai Bufantecid” adalah teks prosedur cara penggunaan sesuat. Jadi, dapat kita simpulkan bahwa teks prosedur dapat dikelompokkan menjadi teks prosedut cara membuat sesuatu dan cara menggunakan sesuatu.

Sementara, struktur teks prosedur adalah sebagai berikut.

  1. Tujuan yang akan dicapai, yang berisi tujuan dari pembuatan teks prosedur keompleks atau hasil akhir yang akan dicapai (dapat berupa judul).
  2. Langkah-langkah, yang berisi cara-cara yang ditempuh untuk mencapai tujuan (biasanya tidak dapat diubah urutannya).

Teks prosedur memiliki ciri kebahasaan, yaitu menggunakan konjungsi waktu, seperti sesudah, sebelum, lalu, kemudian, setelah itu, dan sebagainya. Teks prosedur juga banyak menggunakan kalimat imperatif atau kalimat perintah, seperti pasanglah, potonglah, ambil, siapkan, dan sebagainya.

 

Mengidentifikasi Kekurangan Teks Cerita Prosedur

Identifikasi kekurangan teks prosedur dapat dilakukan dengan menilai apakah teks prosedur tersebut sudah memuhi kriteria sebagai teks prosedur. Kriteria yang digunakan adalah dengan melihat isi, struktur, dan penggunaan bahasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *