Mau Beli AC? Perhatikan Jenisnya Berikut Ini

by -11 views
Mau Beli AC? Perhatikan Jenisnya Berikut Ini

Mesin pendingin AC kini  sudah menjadi barang wajib untuk = masyarakat di Indonesia. Hal ini tidak terlepas dari kondisi cuaca di Indonesia. Tidak jarang kemudian diperlukan lebih dari 1 perangkat AC untuk mendinginkan semua ruangan yang ada di rumah.

Namun tahukah Anda, selain bisa menghilangkan panas, AC juga memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan. Salah satunya adalah mencegah Heatstroke.

Heatstroke adalah kondisi di mana tubuh Anda mengalami kenaikan suhu yang sangat drastis hingga 40°C atau lebih. Saat Anda mengalami heatstroke, Anda akan merasa panas bahkan ingin pingsan. Pasalnya tubuh Anda terpapar suhu panas dalam kurun waktu cukup lama.

“Dalam kondisi yang seperti ini, AC dapat menjadi solusi tepat untuk menurunkan suhu dalam tubuh Anda. Dengan memanfaatkan dinginnya AC, suhu tubuh Anda akan menjadi lebih cepat untuk kembali normal,” kata pakar kesehatan, dr. Allert Benedicto.

Jika Anda adalah orang yang sedang ingin membeli perangkat AC, sebaiknya Anda perhatikan luas ruangan dan sebaiknya Anda mengetahui dahulu jenis AC apa yang sesuai untuk instalasi. Ada banyak jenis AC. Misalnya, AC Multi Split    yang mampu menghemat ruangan dan memaksimalkan pendinginan.

Kemudian, ada pula AC Cassette  yang umumnya dipasang pada langit-langit ruangan. Selain jenis AC, luas ruangan menjadi hal penting karena luas ruangan berhubungan langsung dengan PK (paardekracht/ horse power) AC. Hal itu berkaitan dengan penggunaan listrik. Anda bisa sesuaikan kapasitas AC yang Anda pilih dengan ruangan. Jika ruangannya kecil dan menggunakan AC berkapasitas PK yang lebih besar maka hal akan memakan daya yang besar.

Berikut adalah jenis AC dan kapasitas PK yang bisa Anda pilih

AC Window

AC window adalah AC yang mempunyai bentuk fisik kotak dan tanpa menggunakan remote control. Sebab, tombol pengatur sudah tergabung pada tampilan AC. Kotak AC ini punya berbagai komponen seperti pendingin, penguap, kompresor, cooling coil, dan expansion valve. Umumnya, terletak pada sebuah slot kosong bawah jendela atau slot yang ada pada tembok ruangan.

Tipe ini juga dikenal sebagai tipe unitary, yakni mesin di dalamnya mengeluarkan udara dingin ke dalam ruangan, kemudian mengeluarkan udara panas pada bagian luar ruangan. Umumnya, AC Window mempunyai kapasitas dari 0,5 PK hingga 2,5 PK.

AC Multi Split 

AC jenis ini cukup fleksibel. Dengan sistem Multi Split Air Conditioner, satu unit outdoor akan terhubung ke hingga 4 unit indoor untuk menghemat ruang dan tata letak. Kemudian, dengan pengaturan operasional independen untuk setiap indoor unit. Sistem ini membantu Anda dalam mengoptimalkan kenyamanan pendingin ruangan di rumah Anda. Tersedia dalam ukuran 0,5 PK hingga 2,5 PK.

AC Central (Ducted)

AC central kerap dimanfaatkan untuk tempat yang lebih besar dalam area luas seperti mall atau hotel. AC jenis ini menggunakan kompresor besar dan satu bagian yang bekerja sebagai condensing unit diletakkan di luar gedung dan satu satu bagian yang berfungsi sebagai internal evaporative unit diletakkan di dalam gedung.

Pada condensing unit terdapat condensing fan, compressor, dan condensor coil sedangkan internal evaporative unit terdapat evaporator coil dan expansion valve. Kedua bagian ini bekerja mendinginkan suhu udara dalam ruangan. Kapasitas AC Central mulai dari 10 PK hingga 20 PK.

AC Cassette

AC Cassette umumnya akan menempel pada plafon langit-langit. Pemasangan AC Cassette membutuhkan keahlian khusus dan tenaga lebih yang berbeda dengan memasang alat lainnya. Jenis AC Cassette memiliki berbagai ukuran mulai dari 1,5 PK hingga 6 PK.

AC Standing Floor/ portable

AC standing floor memiliki unit indoor yang berdiri dan bisa dipindahkan. AC ini kerap dimanfaatkan dalam acara besar. Tipe AC ini punya sistem pendingin yang berada pada dasar bawah mesin. Kemudian mengeluarkan panas lewat ventilasi yang terletak di dinding terluar. AC ini punya kapasitas 1 PK hingga 5 PK.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.