Ketahui 5 Alasan Mengapa Alat Bantu Dengar Mahal

by -4 views
Ketahui 5 Alasan Mengapa Alat Bantu Dengar Mahal

Alat bantu dengar merupakan sebuah inovasi teknologi yang sangat berguna bagi penderita gangguan pendengaran. Adanya alat bantu dengar ini bisa memberikan harapan bagi penderita gangguan pendengaran untuk mendengarkan dengan normal. Tapi salah satu kendalanya adalah alat bantu dengar ini cukup mahal. Tapi mengapa alat bantu dengar mahal?

Pada umumnya alat bantu dengar dijual dengan harga kurang lebih lima ratus ribu. Sedangkan yang berkualitas baik bisa dijual dengan harga jutaan. Harga untuk alat bantu dengar ini bisa dibilang cukup tinggi. Berikut ini adalah penjelasan tentang alasan alat bantu dengar mahal:

1. Selalu Diadakan Penelitian

Alasan alat bantu dengar mahal yang pertama selalu diadakan penelitian tentang alat bantu dengar. Untuk menciptakan sebuah alat bantu dengar yang efektif dan bisa membantu para penderita gangguan pendengaran ini membutuhkan waktu yang lama. Hal ini dikarenakan para peneliti terus mengadakan penelitian lebih lanjut tentang alat bantu dengar.

Penelitian dilakukan untuk menciptakan alat bantu dengar dengan kualitas terbaik. Sehingga alat bantu dengar bisa semakin efektif dan bermanfaat kedepannya. Karena lamanya waktu penelitian untuk menciptakan alat bantu dengar ini, maka biaya yang dibutuhkan juga banyak. Sehingga menyebabkan alat bantu dengar dijual dengan harga yang tinggi juga.

2. Adanya Pelayanan Setelah Pembelian Alat Bantu Dengar

Salah satu penyebab mahalnya alat bantu dengar adalah adanya layanan setelah pembelian alat bantu dengar. Karena saat membeli alat bantu dengar, tidak bisa sembarangan membeli, harus dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sesuai dengan gangguan pendengarannya. Oleh karena itu dibutuhkan biaya tambahan untuk biaya konsultasi, pemasangan, perawatan dan sebagainya.

Selain itu karena alat bantu dengar ini merupakan alat kesehatan, maka tidak bisa diperbaiki di sembarang tempat. Oleh karena itu saat pembelian alat bantu dengar ini akan ada layanan tambahan lagi. Layanan itu berupa pengaturan ulang alat, penggantian ear mold, pembersihan perangkat dan lainnya. Jadi tidak heran harga alat bantu dengar cukup mahal.

3. Bukan Kebutuhan Terpenting Bagi Setiap Orang

Alasan lainnya adalah alat bantu dengar bukan kebutuhan terpenting bagi banyak orang. Alat bantu dengar ini hanya akan dibeli oleh orang yang menderita gangguan pendengaran. Hal ini menyebabkan produksi alat bantu dengar ini tidak terlalu tinggi. Barang yang tidak diproduksi dalam jumlah yang banyak tentu akan dijual dengan harga yang tinggi.

Lain halnya dengan Hp yang menjadi kebutuhan banyak orang sehingga Hp selalu diproduksi. Karena produksi dibuat dalam jumlah yang tinggi, maka harga Hp bisa lebih terjangkau. Jadi karena tidak dibutuhkan oleh setiap orang, maka harga alat bantu dengar ini cukup mahal.

4. Terbatasnya Produsen Alat Bantu Dengar

Produsen dan pembuat alat bantu dengar cukup terbatas. Hal ini menyebabkan persaingan penjualan alat bantu dengar ini tidak terlalu tinggi, sehingga harga alat bantu dengar mahal. Selain itu konsumen juga jadi tidak memiliki banyak pilihan sehingga mau tidak mau konsumen akan tetap membeli jika sangat membutuhkan meskipun harganya mahal.

5. Tingginya Harga Peralatan Alat Bantu Dengar

Alasan mengapa alat bantu dengar mahal adalah tingginya harga peralatan untuk memproduksi alat bantu dengar. Ditambah adanya fitur anti air, bluetooth, mikrofon, pengurangan bisingan dan lainnya yang menyebabkan harga alat bantu dengar cukup mahal. Jadi walaupun harga alat bantu dengar mahal, tapi barangnya juga berkualitas dan bermanfaat.

Itulah lima alasan mengapa alat bantu dengar mahal. Jadi walaupun mahal, penggunaan alat bantu dengar ini sangat membantu para penderita gangguan pendengaran. Ditambah lagi adanya tambahan layanan setelah pembelian. Jika ingin melihat-lihat dan membeli alat bantu dengar, bisa juga mengunjungi website Aqm-hearingcenter.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *