Kekurangan Yang Tak Menjadi Penghambat Impian

by -141 views
Kekurangan Yang Tak Menjadi Penghambat Impian

Motivasi adalah proses internal yang bikin seseorang moving forward, punya alasan untuk bertahan dan bangun berkali-kali meski gagal. Seperti yang Fredrick Herzberg bilang dalam teorinya di buku Motivation to Work yang terbit tahun 1959, people are motivated towards behaviors that offer growth and personal satisfaction. Jadi kesimpulannya, kita nggak bakal sukses tanpa adanya motivasi buat meraih impian kita. Cara kita dapetin motivasi pastinya beda-beda, ada yang termotivasi pengen bikin orangtua bangga, ada yang pengen memperbaiki kondisi ekonomi keluarga, mengabdi untuk masyarakat, ada juga yang karena passion dan cita-cita.

 

Thomas Alva Edison menemukan bohlam yang jadi asal muasal adanya penerang di dunia, Issac Newton Fisikawan yang muncul dengan Principia, Helen Keller, penulis sekaligus dosen luar biasa dan Albert Einstein dengan teori massa-nya. Mereka semua adalah ilmuwan dan tokoh-tokoh paling berjasa dalam sejarah meski mungkin orang nggak banyak tahu kalo mereka semua difabel. Beberapa tokoh di bawah ini bisa juga masuk list motivator karena dalam keterbatasan fisik, mereka nggak pernah menyerah mengejar impian!

 

STEPHEN HAWKING

Usianya sekarang udah 76 tahun, sejak usia 20an didiagnosa dengan penyakit ALS (gangguang sistem saraf dimana sel-sel neuron di otak dan tulang sumsum perlahan mati) yang menyebabkan kelumpuhan total dan butuh bantuan kursi roda yang dilengkapi perangkat komputer untuk berkomunikasi menggunakan teks prediktif, karena dia juga nggak bisa berkomunikasi secara verbal. Ia adalah Fisikawan lulusan Oxford dan Cambridge yang menemukan teori quantum gravity dan breakthrough initiatives. Dalam keterbatasan fisik yang kalo kita logikain bakal sulit beraktivitas seperti orang kebanyakan, dia udah dapet 18 penghargaan di bidang Sains plus nerbitin 15 buku berkaitan tentang alam semesta dan teori-teorinya yang lain. Stephen Hawking juga beberapa kali muncul di TV Series Big Bang Theory dan kisah hidupnya bisa kita tonton di film biografi The Theory of Everything dengan Addie Redmayne memerankan Hawking!

 

STEVIE WONDER

Penyanyi legendaris sejak akhir abad 20an ini mungkin kita kenal lewat lagu Sir Duke dan You are the Sunshine of My Life. Di usia 67 dia udah berhasil menjual album sebanyak 100 juta copy dan 25 kali dapet Grammy Awards. Terlahir buta nggak membuat Stevie Wonder menyerah mengejar impian dan menekuni hobinya, so why would we?

 

INGVAR KAMPRAD

Siapa yang nggak tahu IKEA? Toko furniture dan perabot rumah tangga asal Swedia ini udah punya sekitar 340 cabang di seluruh dunia sejak tahun 1958. Yep, Ingvar Kamprad adalah founder-nya. Networth pria usia 91 tahun ini menurut laporan Forbes sebesar $46,8 milliar. Mungkin dia adalah penderita disleksia terkaya di dunia. Dengan keterbatasan tidak bisa membaca, menulis dan kesulitan berhadapan dengan angka, dia bisa jadi pengusaha yang tokonya sering kita datengin buat foto-foto ala selebgram.

 

NICHOLAS VUJICIC

Motivator asal Australia ini adalah founder NGO Life Without Limbs dan perusahaan motivastional speaking Attitude is Attitude. Terlahir dengan Tetra Amelia Syndrome alias lahir tanpa lengan tangan dan kaki, dia adalah korban bullying sejak kecil di sekolah. Dalam keterbatasannya dia nggak menyerah apalagi mengasihani diri sendiri. Dia tetep melanjutkan kuliah di Griffith University jurusan Accounting & Financial Planner. Tahun 1990 dia dapet Australian Young Citizen Award sebagai anak muda inspiratif. Usianya sekarang 35 tahun dan hidup bahagia bersama istri dan empat anaknya!

 

RALPH BRAUN

Dia adalah founder dan fromer CEO Braun Corporation yang sejak umur 6 tahun didiagnosa dengan Muscular Dystrophy yang mengharuskannya beraktivitas di atas kursi roda sejak usia 14 tahun. Di usia 21 dia menciptakan skuter bermotor yang jadi cikal bakal lahirnya perusahaan manufaktur kursi roda. Tahun 2012, Brack Obama memberikan Braun penghargaan Champion of Change dan setahun kemudian dia menghembuskan nafas terakhirnya.

 

They can do it, so do we!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *