Inilah 5 Cara Mengatasi Masuk Angin Pada Ibu Hamil

by -23 views
Inilah 5 Cara Mengatasi Masuk Angin Pada Ibu Hamil

Masuk angin seringkali diderita bahkan oleh ibu hamil. Diketahui, penyakit ini biasanya terjadi apabila adanya perubahan cuaca ataupun saat kelelahan. Selain itu, saat masuk angin tentunya ibu tidak bisa menyusui bayi. Untuk itu, ibu bisa memilih botol susu yang baik untuk bayi.

Cara mengatasi masuk angin pada ibu hamil adalah sebagai berikut.

1. Menggunakan Balsem

Cara pertama yang bisa dilakukan  yaitu dengan mengoleskan balsam. Diketahui, balsam adalah obat luar yang bisa dimanfaatkan oleh ibu karena cara penggunaannya tidak dengan dikonsumsi. Balsem memiliki aroma yang fresh dan juga terasa hangat saat dioleskan ke bagian tubuh.

Untuk meredakan masuk angin maka ibu bisa menggunakannya dengan cara mengoleskannya di bagian dada, leher dan juga bagian punggung. Selain itu, ibu juga dapat menghirup aromanya langsung untuk meredakan hidung tersumbat. Cara lain yang bisa dilakukan adalah memasukkan balsam ke dalam air panas, kemudian uap yang dihasilkan bisa dihirup.

2. Makan Sayur

Berikutnya, cara yang dapat dilakukan adalah dengan memakan makanan bergizi, misalnya adalah sayuran. Makanlah sayur-sayuran khususnya yang masih hangat untuk mempercepat tubuh kembali sehat.

Adapun cara untuk mengolah sayuran ini yaitu dengan menjadikannya sup. Gunakanlah sayuran yang sudah dibersihkan seperti wortel, kentang,kol, seledri atau lainnya. Kemudian, masukkan pula potongan ayam ataupun bakso untuk menambahkan cita rasanya. Rebus sub tersebut hingga matang dan sajikan saat hangat.

Sup ayam diketahui mampu meningkatkan tenaga dan juga mengurangi inflamasi akibat dari masuk angin. Dengan demikian, ibu pun akan lebih cepat pulih kembali dengan mengkonsumsi makanan bergizi tersebut.

3. Minuman Madu Lemon

Selanjutnya, untuk mengatasi tidak enak badan yang disertai dengan tenggorokan gatal dan juga flu maka ibu juga bisa mengkonsumsi minuman penyegar. Minuman tersebut dapat dibuat dengan menggabungkan perasan lemon dan juga madu ke dalamnya.

Diketahui, lemon dan madu memiliki nutrisi yang baik untuk tubuh. Madu adalah pemanis alami yang memiliki manfaat untuk meredakan sakit pada bagian tenggorokan.

Cara untuk membuatnya pun sangat mudah. Ambilah satu buah lemon yang dipotong menjadi dua. Kemudian peras airnya ke dalam gelas. Berikutnya masukkan pula madu dan tuang air panas ke dalamnya. Aduk-aduk dan minum saat keadaannya masih hangat.

4. Bawang Putih

Lebih lanjut, ibu juga dapat mengkonsumsi bawang putih untuk meredakan masuk angin yang diderita. Diketahui, bawang putih bermanfaat untuk mengatasi adanya flu.  Dengan demikian, ibu pun dapat memanfaatkan bumbu dapur ini untuk mengobati masuk angin.

Untuk cara penggunaannya sendiri sangat mudah. Caranya yaitu dengan mencampurkan bawang putih ke dalam masakan yang dibuat. Ibu bisa mencoba untuk membuat sayur bening bayam dengan tambahan bawang putih utuh yang digeprek terlebih dahulu.

5. Minum Air Jahe

Kemudian, untuk meredakan sakit masuk angin bisa menggunakan . Jahe sendiri adalah rimpang-rimpangan yang sangat bermanfaat dalam dunia pengobatan. Jahe memiliki sifat yang hangat saat terkena kulit ataupun saat dikonsumsi. Dengan meminum air jahe maka tubuh akan terasa lebih hangat dan gas berlebihan pada perut pun akan teratasi.

Untuk membuatnya maka ibu hanya memerlukan jahe yang telah dibersihkan. Kemudian, jahe bisa dipanggang terlebih dahulu ataupun langsung digeprek saja. Rebus jahe serta madu ataupun gula merah untuk menambah cita rasanya. Setelah itu, jahe dapat dinikmati dalam keadaan hangat.

Demikianlah cara untuk mengatasi tidak enak badan  dengan mudah. Bagi ibu hamil yang masih memiliki anak bayi maka akan merasa kesulitan untuk memberikan susu secara langsung. Untuk itu, ibu bisa mencoba menggunakan botol susu dari Dr Browns sehingga bayi tidak ikut tertular tidak enak badan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.