Gini Caranya Nolak Permintaan Tolong Temen

by -37 views
Gini Caranya Nolak Permintaan Tolong Temen

Hmm jadi orang yang nggak enak hati itu emang ribet, kalo temen minta tolong pasti selalu kita ngeiyain. Padahal nggak semua permintaan tolong itu baik buat kita lho dan yang lebih parahnya saat teman tau kita orangnya nggak bisa nolak, dia malah memanfaatkan kebaikan kita ini. Duh, kalo udah kayak gini saatnya kita berani mengatakan “tidak!”. Gogirl! coba ngasih tips nih gimana caranya nolak tanpa ngerasa nggak enak atau dicap sombong sama teman kita.

 

“Kalo minggu depan aja gimana?”

Nah, kalimat satu ini bisa jadi salah satu cara yang ampuh untuk ngehindarin permintaan teman kita buat sementara. Kalo emang kita lagi sibuk sekarang, nggak perlu dipaksain untuk ngebantu kan? Lagipula mereka pasti ngerti kalo emang sekarang kita lagi nggak bisa.

 

“Aku nggak ngerti nih, maaf ya”

Kalo dimintain tolong untuk ngerjain sesuatu hal yang emang bukan keahlian kita, masa iya kita mesti maksain buat ngebantu? Alih-alih ngebantu yang ada malah kita ngerecokin kerjaan temen kita itu. Jadi langsung aja bilang, “aku nggak ngerti nih.”

 

“Liat besok ya”

Udah kita tolak secara baik tapi tetep aja maksa, duh temen yang kayak gini emang nyebelin. Coba aja kita bilang, “liat besok ya, aku nggak bisa kalo sekarang,” pasti besoknya dia maksa lagi dan kita tinggal bilang aja, “besok deh beneran,” alih-alih minta tolong lagi yang ada dia malah males minta tolong ke kita! Agak jahat sih tapi mending begitu daripada kita terus dipaksa.

 

“Aku udah ada janji nih”

Pas temen minta tolong untuk nemenin ke mall tapi kita nggak bisa karena ada jadwal les coba aja kita bilang “maaf ya aku nggak bisa, udah ada janji,” pasti temen kita akan nyari opsi temen lain yang bisa nemenin dia deh.

 

“Nggak bisa nih, kalo minta tolong ke yang lain gimana?”

Ada baiknya saat kita nolak permintaan tolong dibarengin dengan solusi. Misalnya saat temen kita minta tolong untuk ngerjain soal dan kita nggak ngerti langsung aja bilang, “mungkin temen yang lain bisa ngebantu, soalnya aku nggak ngerti.”

 

“Maaf kali ini aku nggak bisa bantu”

Kalo point di atas masih nggak berhasil juga, kita bisa nih langsung terang-terangan bilang “maaf ya aku nggak bisa bantu,” dengan bilang gitu pasti teman kita berfikiran kalo emang kita bener-bener nggak bisa bantu. Tapi jangan lupa bilangnya sambil senyum ya, biar nggak dikira sombong hehe.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *