Benarkah Ekonomi Kreatif Adalah Sektor yang Mengutamakan Ide Cek Faktanya Disini

by -17 views
ekonomi kreatif adalah

Ekonomi kreatif adalah salah satu sektor yang bisa dikatakan saat ini cukup berkontribusi terhadap perekonomian negara. Selain itu ekonomi kreatif juga merupakan sektor baru sehingga pelakunya tidak sebanyak di sektor lainnya.

Maka tak heran jika saat ini pemerintah sedang gencar untuk mengembangkan ekonomi kreatif karena selain pemainnya yang masih sedikit, sektor ini juga memiliki prospek yang bagus. Nah, bagi yang belum mengetahui apa itu ekonomi kreatif, simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Mengenal Ekonomi Kreatif di Indonesia

Ekonomi kreatif adalah sektor yang mengembangkan kreatifitas dari pengolahan informasi. Berbeda dengan sektor industri atau sektor lainnya yang tidak hanya mendapatkan sumber daya manusia, ekonomi kreatif justru mengandalkan manusia sebagai satu-satunya sumber penghasil keuntungan. Hal ini dikarenakan ekonomi kreatif mengembangkan ide serta wawasan dari sumber daya manusia

Sesuai dengan namanya sektor ini sangat mengandalkan kreatifitas dari seseorang atau kelompok. Meskipun mengandalkan lebih banyak sumber daya manusia tetapi ekonomi kreatif juga tetap membutuhkan alat, misalnya seperti gadget, laptop atau komputer, dan kamera. Karena ekonomi kreatif belum lama muncul maka tak heran jika sebagian besar pelakunya merupakan generasi muda.

Lalu apa saja jenis serta produk dari sektor ekonomi kreatif? Antara lain yaitu arsitektur, fashion, media, seni pertunjukan, dan lain sebagainya. Ekonomi kreatif sangat memungkinkan seseorang untuk menjadi wiraswasta. Artinya, usaha yang dibangun dalam sektor ekonomi kreatif sangat mungkin untuk dijalankan hanya satu orang saja. Itulah mengapa ekonomi kreatif disebut-sebut sebagai sektor yang paling potensial.

Benarkah Ekonomi Kreatif Merupakan Sektor yang Mengutamakan Ide

Karena produk dari sektor ekonomi kreatif tidak selalu berupa produk, maka sering muncul pertanyaan apakah benar bahwa ekonomi kreatif selalu mengandalkan ide dalam proses produksinya? Jawabannya tentu saja benar karena untuk menciptakan suatu produk yang kreatif diperlukan ide yang cemerlang. Sektor ekonomi kreatif memang sangat unik.

Sebab, tidak membutuhkan modal besar dan tidak juga memerlukan peralatan yang rumit. Ekonomi kreatif sangat menghargai ide seseorang yang unik dan inovatif. Untuk menunjang kualitas ide, maka pelaku di sektor ini harus memiliki pengetahuan yang mumpuni, relasi yang luas serta kemampuan memanfaatkan teknologi. Adapun, beberapa jenis produk dari ekonomi kreatif yaitu suatu karya, foto, atau jasa.

Ciri-ciri Ekonomi Kreatif

Di Indonesia ekonomi kreatif menjadi sektor baru dan diberdayakan agar bisa terus berkembang. Meskipun baru tetapi sebetulnya pelaku yang bermain di sektor ini juga terus bertambah jumlahnya. Bagi yang belum mengenal ekonomi kreatif, ada baiknya mengetahui ciri-cirinya seperti berikut ini:

1. Mendorong Kreasi Intelektual

Salah satu ciri dari ekonomi kreatif yaitu sangat mendorong kreasi intelektual. Sektor ini bisa berkembang ketika pelakunya selalu berusaha menciptakan sesuatu yang memiliki unsur kreatif. Oleh karena itu, sektor ini hanya bisa dikembangkan bagi seseorang yang memiliki tingkat kreativitas tinggi.

2. Kemitraan Menjadi Kunci untuk Sukses

Berbeda dengan sektor lainnya yang mengutamakan aspek produksi serta penjualan barang, sektor ekonomi kreatif justru sangat mengutamakan kemitraan untuk bisa sukses. Kemitraan yang dimaksud dalam hal ini bisa merupakan bekerjasama dengan beberapa pihak atau klien. Sebab, produk dari ekonomi kreatif tidak selalu berupa barang.

3. Mengutamakan Ide dan Kreativitas

Seperti yang sudah dibahas, sektor ekonomi kreatif sangat mengutamakan ide dan kreativitas agar bisa berkembang. Di sektor ini ide dan kreatifitas menjadi hal yang sangat penting untuk menciptakan suatu produk berkualitas dan memiliki daya jual tinggi

Jadi, memang benar ekonomi kreatif adalah sektor yang sangat mengandalkan ide. Selain ide, sektor ini juga memerlukan kreativitas serta kualitas pengetahuan dari pelakunya. Dengan meningkatkan ide, kreativitas, dan pengetahuan, maka sektor ini dapat terus berkembang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.