Cara perkenalan Diri Saat Interview Untuk Fresh Graduate Simak Ini

by -27 views
Cara perkenalan Diri Saat Interview Untuk Fresh Graduate Simak Ini

Setelah memasukkan surat lamaran kerja ke kantor atau perusahaan yang diinginkan, maka seorang pelamar harus menunggu respon lamaran tersebut,  diterima atau tidak. Walaupun lamaran diterima, pelamar belum bisa langsung bekerja ditempat tersebut, pasalnya masih harus melalui tahapan interview.

Salah satu hal yang harus diberi kesan baik saat interview adalah saat melakukan perkenalan diri. Berikut simak cara perkenalan diri saat interview untuk fresh graduate agar meyakinkan perusahaan:

1. Mengawali Dengan Salam

Cara perkenalan diri kepada perekrut pekerjaan, tentu berbeda dengan memperkenalkan diri kepada teman sejawat. Selain menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa Inggris, pastinya perkenalan diri tersebut juga bisa menjadi penilaian tersendiri yang mana bisa membuat pelamar diterima atau tidak.

Salah satu yang bisa dilakukan untuk memberikan kesan sopan saat melakukan interview adalah mendahulukan salam terlebih dahulu. Selain salam memang cocok untuk mengawali pembicaraan, mengucapkan salam juga bisa untuk mengurangi rasa gugup. Pasalnya bagi fresh graduate pasti akan menjadi momen pertama. Jadi, wajar jika akan merasa lebih gugup daripada biasanya.

2. Memperkenalkan Nama Hingga Alamat

Cara perkenalan diri saat interview untuk fresh graduate selanjutnya adalah dengan mengawali memperkenalkan nama, pastikan nama juga sesuai dengan apa yang ditulis pada CV dan surat lamaran yang telah dibuat sebelumnya. Walaupun perekrut pastinya sudah membaca nama pelamar.

Namun, pelamar masih perlu memperkenalkan diri lagi. Adapun untuk itu, bisa disebut nama lengkap beserta nama panggilan jika diperlukan. Kemudian bisa dilanjutkan dengan alamat tempat tinggal, agar lebih detail jika diperlukan. Sesuaikan dengan kondisi saat itu.

3. Menyebutkan Latar Belakang Pendidikan

Setelah memperkenalkan nama diri, bisa dilanjutkan dengan menyebutkan latar belakang pendidikan. Pasalnya pendidikan tentu jadi hal penting dalam melamar pekerjaan tersebut. Khususnya yang memang dalam persyaratan tertera harus lulusan tertentu.

Untuk latar pendidikan ini sendiri usahakan menjelaskan dengan detail. Misalnya nama Universitas, serta jurusan yang diambil. Dan tidak ada salahnya menjelaskan juga mengapa mengambil jurusan tersebut, tentunya ini bisa dikait dengan jobdesk yang dilamar di perusahaan tersebut. Sehingga perekrut atau HRD bisa mempertimbangkan hal tersebut.

4. Menjelaskan Mengenai Pengalaman Organisasi

Sebagai fresh graduate hal yang bisa ditonjolkan saat melakukan interview kerja adalah dengan menjelaskan mengenai pengalaman organisasi yang dilakukan. Baik organisasi saat di kampus, yang sudah atau masih aktif hingga saat itu.

5. Menunjukkan Skill atau Keterampilan Lain

Selanjutnya yang bisa dilakukan saat memperkenalkan diri adalah juga menyebutkan keahlian atau skill lain. Seperti bisa melakukan komunikasi bahasa Inggris secara aktif dan sebagainya. Pasalnya tidak menutup kemungkinan di dunia kerja hal yang dibutuhkan tidak hanya kecerdasan intelektual saja, tetapi juga kemampuan dalam bersosialisasi, berkomunikasi, dan sebagainya.

Demikian itu beberapa hal yang bisa dipersiapkan dan diperhatikan sebagai cara perkenalan diri saat interview untuk fresh graduate yang bisa dipraktekkan. Selain memperkenalkan diri dengan sopan dan profesional. Pastikan juga apa yang disampaikan penuh kejujuran.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.