Cara Mudah Uninstall TWRP Tanpa PC di HP Android

by
Cara Mudah Uninstall TWRP Tanpa PC di HP Android
Cara Mudah Uninstall TWRP Tanpa PC di HP Android

¬†Cara Mudah Uninstal TWRP Tanpa PC di HP Android –¬†TWRP (Team Win Recovery Project) adalah custom recovery yang populer di kalangan pengguna Android yang ingin melakukan berbagai modifikasi pada perangkat mereka.

Dengan TWRP, kamu dapat melakukan berbagai tugas seperti instalasi custom ROM, melakukan backup dan restore sistem, serta melakukan perbaikan jika terjadi masalah pada perangkat Android Anda.

Namun, ada saat-saat ketika kamu mungkin perlu menghapus TWRP dari perangkatmu, entah karena kamu ingin mengembalikan perangkat ke kondisi semula atau karena alasan lain.

Langkah-langkah

  1. Unduh Aplikasi “Flashify”

Pertama, kamu perlu mengunduh aplikasi bernama “Flashify” dari Google Play Store. Aplikasi ini akan memungkinkan kamu untuk menghapus TWRP dengan mudah tanpa perlu menggunakan PC. Setelah mengunduh aplikasi ini, instal di perangkatmu.

  1. Buka Aplikasi Flashify

Setelah menginstal aplikasi Flashify, buka aplikasi tersebut. Kamu akan melihat berbagai opsi di layar utama aplikasi.

  1. Izinkan Akses Root

Untuk menggunakan Flashify, kamu perlu memberikan izin root. Aplikasi ini akan meminta izin tersebut saat pertama kali kamu membukanya. Pastikan untuk memberikan izin root dengan mengklik “Grant” atau “Izinkan” saat diminta.

  1. Pilih “Recovery Image”

Setelah kamu memberikan izin root, pilih opsi “Recovery Image” dari menu utama Flashify. Ini akan memungkinkan kamu untuk mengganti recovery image yang saat ini terpasang, yaitu TWRP.

  1. Pilih “Stock Recovery”

Setelah memilih opsi “Recovery Image”, kamu akan melihat opsi untuk memilih recovery image yang ingin kamu instal. Pilih opsi “Stock Recovery”. Ini adalah recovery bawaan yang ada pada perangkat Android kamu sebelum kamu menginstal TWRP.

  1. Konfirmasi dan Instal

Setelah memilih “Stock Recovery”, kamu akan melihat layar konfirmasi. Pastikan kamu telah melakukan backup semua data penting kamu, karena menginstal kembali recovery bawaan akan menghapus semua data di perangkat Anda. Jika kamu sudah siap, ketuk opsi “Yup, I’m Sure!” atau “Ya, Saya Yakin!” untuk melanjutkan.

  1. Tunggu Proses Selesai

Aplikasi Flashify akan mulai menginstal recovery bawaan pada perangkatmu. Ini mungkin memerlukan beberapa saat, jadi tunggu sampai proses selesai.

  1. Reboot Perangkat

Setelah proses instalasi selesai, kamu akan diberi opsi untuk me-reboot perangkatmu. Pilih opsi “Reboot Now” atau “Reboot Sekarang” untuk memulai ulang perangkatmu.

  1. Verifikasi Penghapusan TWRP

Setelah perangkatmu selesai me-reboot, TWRP seharusnya sudah dihapus dan diganti dengan recovery bawaan. kamu dapat memverifikasi ini dengan mencoba masuk ke mode recovery. Untuk melakukannya, matikan perangkat kamu dan kemudian tekan kombinasi tombol tertentu (biasanya tombol Volume Down + Power) untuk masuk ke mode recovery.

Penutup

Jika kamu tidak yakin tentang apa yang kamu lakukan, sebaiknya minta bantuan dari seseorang yang lebih berpengalaman dalam hal ini atau cari panduan yang lebih rinci sesuai dengan perangkatmu. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yang ingin menghapus TWRP dari perangkat Androidmu.***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *