Cara Mudah Mengembalikan File yang Belum Tersimpan di Microsoft Word

by
Cara Mudah Mengembalikan File yang Belum Tersimpan di Microsoft Word
Cara Mudah Mengembalikan File yang Belum Tersimpan di Microsoft Word

Cara Mudah Mengembalikan File yang Belum Tersimpan di Microsoft Word – Microsoft Word adalah salah satu program pengolah kata paling populer di dunia. Meskipun telah dilengkapi dengan berbagai fitur canggih, terkadang masalah teknis atau kesalahan pengguna dapat menyebabkan dokumen yang sedang dikerjakan hilang atau tidak tersimpan.

Namun, Microsoft Word memiliki beberapa fitur bantu yang dapat membantu Anda mengatasi masalah ini dan memulihkan file yang belum tersimpan. Berikut adalah beberapa cara mudah untuk mengembalikan file yang belum tersimpan di Microsoft Word.

Langkah-langkah

  1. Periksa Folder AutoRecover

Microsoft Word memiliki fitur AutoRecover yang secara otomatis menyimpan salinan dokumen yang Anda kerjakan. Anda dapat mencoba mencari file yang belum tersimpan di folder AutoRecover. Folder ini biasanya ada di lokasi berikut, tergantung pada versi Windows Anda:

  • Windows 10/11: C:\Users<nama_pengguna>\AppData\Roaming\Microsoft\Word
  • Windows 7 atau 8: C:\Users<nama_pengguna>\AppData\Roaming\Microsoft\Word
  • Cari file dengan ekstensi .asd atau .wbk di folder AutoRecover. Ini adalah file sementara yang mungkin berisi perubahan terakhir pada dokumen Anda sebelum terjadi masalah. Buka file tersebut, dan Anda mungkin dapat memulihkan sebagian besar pekerjaan Anda.
  1. Gunakan Fitur Document Recovery

Jika Anda menggunakan versi Microsoft Word yang lebih baru, Anda dapat menggunakan fitur Document Recovery. Ketika Anda membuka Microsoft Word setelah mengalami crash atau masalah serupa, program akan mencoba memulihkan dokumen yang belum tersimpan. Anda akan melihat jendela yang menampilkan dokumen yang baru-baru ini terbuka. Pilih dokumen yang ingin Anda pulihkan, dan Microsoft Word akan mencoba mengembalikannya.

  1. Gunakan Versi Terdahulu

Microsoft Word juga memiliki fitur “Versi Terdahulu” yang memungkinkan Anda mengakses versi sebelumnya dari dokumen yang Anda kerjakan. Anda dapat menggunakannya jika dokumen Anda telah tersimpan sebelumnya dan Anda ingin kembali ke versi yang lebih lama.

  1. Gunakan Fitur AutoSave (Versi Online)

Jika Anda menggunakan Microsoft Word versi online atau menyimpan dokumen Anda di OneDrive, Anda dapat memanfaatkan fitur AutoSave. Fitur ini secara otomatis menyimpan perubahan ke dokumen secara berkala, sehingga Anda dapat mengakses revisi terbaru jika dokumen tiba-tiba hilang. Pastikan Anda telah login ke akun Microsoft Anda dan telah mengaktifkan AutoSave.

  1. Gunakan Software Pemulihan Data

Jika semua upaya di atas tidak berhasil mengembalikan file yang belum tersimpan, Anda dapat mencoba menggunakan software pemulihan data. Ada banyak perangkat lunak yang dirancang khusus untuk mengembalikan file yang hilang, termasuk dokumen Microsoft Word. Beberapa contoh software yang populer adalah Recuva, EaseUS Data Recovery Wizard, dan Disk Drill.

Penutup

Dengan mengikuti salah satu atau beberapa dari langkah-langkah di atas, Anda memiliki peluang yang cukup besar untuk mengembalikan file yang belum tersimpan di Microsoft Word. Namun, ingatlah bahwa tindakan pencegahan selalu lebih baik daripada pengembalian.***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *