Cara Membuat Bot Telegram Sendiri dengan Mudah

by -20 views
Cara Membuat Bot Telegram Sendiri dengan Mudah

Popularitas telegram dipercaya semakin melejit beberapa bulan belakangan. Aplikasi chat ini diyakini memiliki tingkat keamanan yang baik bagi pengguna.

Selain itu berbagai keperluan lain pun mudah ditemukan. Misalnya untuk menemukan video seru, membaca informasi, dan bahkan untuk streaming berbagai jenis film. Demi mendapatkan pengalaman lebih seru lagi, banyak pengguna mencari cara membuat bot telegram sendiri.

Bot telegram dapat digunakan untuk pemberian informasi secara otomatis yang mana bisa melalui pesan pribadi, group atau bahkan lewat channel.

 

Baca juga: Cara Memindahkan Stiker Telegram ke WhatsApp

 

Berikut Tutorial & Cara Membuat Bot Telegram Sendiri Simpel

1.   Login telegram

Sebelum memulai proses pembuatan bot sendiri maka sudah pasti Anda harus login akun terlebih dahulu. Bila langkah ini pertama dilakukan maka perlu untuk memasukan nomor handpone yang digunakan. Setelah itu akan ada kode yang di kirimkan untuk di masukan kembali. Jika sudah lalu buat nama akun telegram.

2.   Ketik manybot

Ketika telah berhasil masuk ke akun maka tahapan berikutnya ialah mengetikan tulisan “manybot”. Anda dapat mengetikan kata tersebut pada menu pencarian dalam aplikasi. Beberapa list akan muncul setelah klik tombok lalu pilihlah seperti menu yang sudah di tulis. Pada menu manybot akan terlihat informasi mengenai manfaat dalam penggunaan bot sendiri. Tak perlu berlama-lama langsung saja tekan tombol start pada bagian bawah.

3.   Klik creat a new bot

Tujuan prosedur ini ialah terkait dengan cara membuat bot telegram sendiri. Oleh karena itu setelah klik start pada manybot maka pilih menu klik creat a new bot. Tampilan yang terlihat pada bagian ini sendiri ialah seperti sebuah penyambutan dari manybot. Anda dapat klik membuat sebuah bot baru pada bagian bawah.

4.   Klik start

Sesaat setelah mengikuti prosedur sebelumnya maka akan menghasilkan sebuah tampilan yang berisi mengenai tutorial sebuah bot. Anda dapat membacanya agar lebih paham. Inti dari tulisan yang tersaji ialah pembuat disarankan untuk menggunakan @Botfather. Bothfather bisa dibilang merupakan aturan khusus dalam pembuatan sebuah bot. Jadi klik langsung klik saja menu @Bothfather kemudian pencet tombol start.

5.   Klik link new bot dan buat nama

Tampilan yang telah setelah tahapan sebelumnya ialah berisi terkait dengan cara penggunaan sebuah Botfather. Ringkas saja segera klik link new bot agar lebih cepat. Pada tahapan ini Anda diharuskan untuk memasukan nama penggunaan. Penulisan dapat di akses pada kolom chat yang tersedia pada tampilan tersebut.

6.   Tambahkan user name

Setelah diberi nama pada kolom sebelumnya maka pada tahap ini Anda juga diharuskan untuk memasukan nama pengguna. Nama inilah yang akan terlihat ketika sudah mulai mengakses. Jadi pembuat dapat menyesuaikan. Bila sudah maka proses pun selesai.

 

Baca juga: Grup Telegram

 

Itulah urutan tips & cara membuat bot telegram sendiri. Pembuatan bot sebetulnya terbilang mudah dan tidak bikin ribet. Namun, bila Anda masih awam tentu akan bingung dan belum paham. Jadi, langkah di atas bisa dijadikan tutorial yang ampuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.