7 Tokoh Cewek Ini Jadi Bukti Emansipasi dan Kekuatan Perempuan

by -207 views
7 Tokoh Cewek Ini Jadi Bukti Emansipasi dan Kekuatan Perempuan

Belakangan ini media rame bahas soal payment equalitysexual harashment, KDRT, isu-isu gender dan feminisme yang bikin kepala pening. Well, perdebatan-perdebatan dan kabar buruk yang banyak menghiasi media belakangan ini harusnya bikin cewek-cewek ngerasa dikasih PR besar buat buktiin kualitas diri, dan efek kekuatan suara kita tanpa ngelupain kodrat dan identitas sebagai perempuan. Speak up, stand up for what we believe is right. Here’s to you, list orang-orang yang berjuang buat survive dan sukses di bidang yang didominasi laki-laki dan bisa jadi inspirasi kita buat empowering each other!

 

1. ANGELA MERKEL

Nama Merkel udah berkali-kali masuk Forbes sebagai salah satu perempuan paling berpengaruh di dunia. Konselor Jerman ini ngukuhin posisinya sebagai salah satu perempuan terkuat di dunia politik yang didominasi oleh laki-laki. Alumni Leipzig University ini udah dua kali terpilih sebagai konselor, ngebuktiin kalo kepemimpinannya di Jerman punya impact yang besar buat kemajuan Eropa.

 

2. MALALA YOUSAFZAI

Peraih nobel Peace Prize, aktivis HAM terutama di bidang pendidikan anak dan perempuan sekaligus founder Malala Fund yang sekarang lagi kuliah di Oxford ini adalah cewek Pakistan yang pernah jadi korban penembakan anggota Taliban tahun 2012 tapi berhasil diselamatkan dan makin gencar kampanye pentingnya pendidikan bahkan galang dana buat masyarakat di daerah krisis.

 

3. AMAL ALAMUDDIN CLOONEY

Another Oxford girl, tahun 2000 dia dapet Shringley Award dari Oxford karena kemampuan akademiknya yang luar biasa. Amal mungkin sekarang banyak dikenal masyarakat luas karena dinikahin sama aktor George Clooney. Tapi sebelum jadi Mrs. Clooney, Amal emang udah popular di kalangan orang yang melek sama isu kemanusiaan dan hukum. Dia adalah refugee Lebanon yang sukses jadi pengacara dan sering jadi United Nation Representative buat kasus-kasus kemanusiaan termasuk salah satunya Aremanian Genocide. She’s a lion in a man field. Not forget to mention selera berpakaian dia juga lit sekaliiiii.

 

4. JUTTA KLEINSCHMIDT

Kalo denger kata racing pasti yang ada di kepala kita nama-nama kayak Mario Andretti dan sederet nama laki-laki lain. Yup. Karena dari kecil kita diajarin kalo mobil-mobilan itu mainan cowok, boneka Barbie mainannya cewek. Well, jangan salah nih ya, Kleinschmidt adalah salah satu race car driver yang pernah menang di ajang bergengsi Dakar Rally dan ngalahin kompetitor yang semuanya laki-laki. Siapa bilang cewek cuma bisa mainan Barbie?

 

5. SHERRI GALLAGHER

Salah satu shooter US Marine ini dinobatin sebagai Soldier of The Year dan jadi perempuan pertama yang menang Military Marksmanship Association ini adalah perempuan yang di Bussiness Insider disebut sebagai perempuan paling impressive di bidang militer. Again, siapa bilang perempuan cuma bisa mainan Barbie?

 

6. JULEANNA GLOVER

Yang udah nonton film Miss Sloane pasti mikir, masa iya ada orang yang sebegitu berpengaruhnya bahkan ke aturan-aturan regulasi senjata di dunia? Well lobbyist bisa seberpengaruh itu. Dan Glover adalah perempuan yang malang melintang jadi lobbyiest selama 20 tahun di dunia yang didominasi laki-laki. Politik, ekonomi, pendidikan.. they all need lobbyist.

 

7. NICKI MINAJ

Hip-hop/rap identik sama Eminem, Wiz Khalifa, Snoop Dog. Terutama tahun 90an, tahun lagu hip-hop lagi jaya-jayanya. Tapi jangan remehin skill rapper perempuan juga, ada banyak nama rapper perempuan yang udah terbukti nggak kalah swag dan cool. Nah, yang eksis sampe sekarang salah satunya adalah Nicki Minaj. Pelantun Anaconda ini udah sering kolaborasi sama penyanyi beken. Single-nya sendiri selalu ada di urutan teratas Billboard chart.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.