7 Cara Mengatasi WA GB Tidak Bisa Menerima Panggilan

by -12 views
7 Cara Mengatasi WA GB Tidak Bisa Menerima Panggilan

WhatsApp Mod terkadang mengalami trouble, salah satunya yaitu tidak dapat melakukan panggilan atau menerimanya. Sebagai solusi, simaklah cara mengatasi WA GB tidak bisa menerima panggilan yang akan dijelaskan di bawah ini. Sebenarnya langkah mengatasinya tidaklah rumit. Bahkan para pengguna baru bisa melakukannya dengan mudah. Segeralah atasi dengan cara-cara berikut:

1. Mengecek Jaringan Internet

Penyebab utama yang membuat pengguna WA GB tidak dapat menerima panggilan adalah terjadinya gangguan jaringan seluler. Ketika internet tidak tersambung, secara otomatis tidak ada panggilan yang masuk. Cobalah untuk mengaktifkan mode pesawat. Nyalakan kembali dan lakukan pengecekan melalui speedtest. Dalam situs tersebut akan terlihat berapa kecepatan internet dari provider pengguna.

2. Mengaktifkan Izin WA GB

Kesalahan seperti ini mungkin saja terjadi dan membuat pengguna tidak bisa melakukan voice call dan menerimanya. Saat pertama kali menginstal, pastikan menekan tombol Izinkan Aplikasi supaya WA GB dapat melakukan akses pada data secara penuh. Tapi jika lupa, pengguna juga bisa melakukannya melalui menu Pengaturan yang ada di ponsel masing-masing.

Pada fitur Settings yang ada di perangkat, pilihlah menu Aplikasi Terinstal. Gulir layar ke bawah dan temukan WA GB. Bukalah aplikasi tersebut untuk melakukan perizinan. Ada beberapa perizinan yang bisa disetujui. Mulai dari kontak, kamera, lokasi, penyimpanan, SMS, dan telepon. Geserlah slide ke kanan untuk mengizinkan akses tersebut.

3. Memastikan Nomor Tidak Diblokir

Berikut ini adalah cara mengatasi WA GB tidak bisa menerima panggilan yang selanjutnya. Para pengguna harus memastikan kalau nomornya sedang tidak terblokir. Karena dalam WhatsApp tersedia fitur yang memungkinkan untuk memblokir kontak lain. Jika hal ini terjadi, maka bisa dipastikan kalau tidak akan ada panggilan yang bisa masuk dan diterima.

4. Menghapus Cache dan Data Aplikasi

Salah satu penyebab timbulnya permasalahan pada sebuah aplikasi adalah adanya berkas Cache yang menumpuk. Agar kinerja tidak terhambat, bersihkan file tersebut. Para pengguna bisa melakukannya melalui menu Pengaturan. Jika cara ini gagal, cobalah untuk menghapus semua data aplikasi. Tapi langkah ini akan membuat WA GB seperti saat di-install pertama kali.

5. Melakukan Update pada WA GB

Ketika WA GB sudah kadaluarsa, maka akan timbul masalah terkait berbagai fiturnya. Salah satunya yaitu mungkin para pengguna tidak dapat menerima panggilan dari kontak lain. Lakukanlah update aplikasi melalui Google Play Store. Jika cara ini memang benar-benar tidak bisa, coba untuk re-install WA GB. Lalu pasang kembali aplikasinya di perangkat.

6. Memeriksa Tanggal di Handphone

Kesalahan pada tanggal ternyata juga bisa membuat aplikasi WA GB mengalami error. Bahkan mungkin saja voice call dari pengguna lain tidak dapat masuk. Jika tanggal keliru, segera perbaiki dengan menuju ke menu Pengaturan. Gulir layar ke bawah dan pilih Tanggal dan Waktu. Supaya lebih mudah, tap saja pada bagian Otomatis.

7. Me-restart Smartphone

Sudah melakukan cara-cara yang disebutkan tapi masih belum bisa menerima panggilan? Langkah terakhir yang harus dicoba yaitu me-restart smartphone. Cara ini terbukti ampuh mengatasi berbagai masalah. Tekanlah tombol power sedikit lama lalu pilih menu Mulai Ulang.

Tunggu sampai handphone menyala dengan sendirinya. Mengingat, seringkali wa GB mengalami masalah pada bagian sistemnya, sehingga dengan merestart ponsel bisa membantu aplikasi tersebut memuat ulang.

Demikian penjelasan tentang cara mengatasi WA GB tidak bisa menerima panggilan yang perlu untuk dicoba. Semuanya sangat mudah, bahkan bagi yang baru mulai menggunakan WA GB. Segera lakukan cara-cara di atas supaya dapat melakukan voice call lagi. Untuk informasi lainnya kunjungi laman bpbdkotabandarlampung.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *