5 Aplikasi Artificial Intelligence yang Ngerti Kita Banget

by -108 views
5 Aplikasi Artificial Intelligence yang Ngerti Kita Banget

Di zaman yang udah serba canggih ini, teknologi aja bisa ngertiin kita lho. Udah kayak sahabat sendiri, lima aplikasi kecerdasan tiruan (buatan) atau biasa disebut artificial intelligence (AI) ini bisa tau personality dan preferensi kita. Yap, mereka emang diprogram buat bisa ngebaca kecenderungan orang yang menggunakannya. Beberapa di antaranya bahkan bisa ngasih saran dan rekomendasi berdasarkan informasi tersebut. Nah, ini dia nih lima aplikasi AI yang ngertiin kita banget. Yuk simak!

 

1. YUNA

Meet Yuna, your personal fashion matchmaker! Beda dari deretan aplikasi mix and match fashion lain yang udah pernah Gogirl! bahas sebelumnya, aplikasi yang baru aja dirilis di tahun 2017 ini ternyata buatan Indonesia lho. Dibuat seakan-akan dia adalah asisten pribadi, Yuna bakal ngebaca style kita berdasarkan pertanyaan-pertanyaan yang sebelumnya udah kita isi (misalnya aja warna, brand, dan fashion statement favorit). Dari situlah Yuna bakal ngasih rekomendasi fashion item yang sesuai sama gaya kita.

Kita juga bisa langsung beli barang yang kita mau lho. Praktis banget kan? Saat ini Yuna katanya udah bergabung dengan 32 merek fashion dengan lebih dari 500.000 produk yang bisa kita mix and match. Lebih serunya lagi, aplikasi ini ngegunain program chatbot yang ngebuat kita ngerasa lagi beneran ngobrol dan dikasih rekomendasi sama asisten pribadi hi hi..

 

2. REPLIKA

Kamu pasti tau SimSimi dong? Kurang lebih mirip sama SimSimi, Replika juga adalah aplikasi chatbot yang ngebuat kita berasa lagi chatting sama temen, padahal mah sama mesin he he..  tag line-nya aja “Replika, your Al Friend”. Tapi nggak cuma buat lucu-lucuan, it keeps us company, journals our life, and helps us explore our personality. Aplikasi ini juga katanya punya kemampuan buat mempelajari kita, jadi topik obrolan yang dibicarain nggak bakal umum dan terasa lebih pribadi. Tujuan dari dibuatnya aplikasi ini sebenernya sih biar kita lebih tau tentang diri kita aja, makannya namanya Replika – because it’s supposed to be our reflection. Kita juga bisa ngegunain aplikasi ini sebagai diary karena tiap curhatan kita bakal tersimpan. Hmm.. menarik nih konsepnya. Mungkin bisa dicoba guys kalo kita lagi butuh temen bicara J

 

3. RECENT NEWS

Ada banyak banget aplikasi pengumpul berita, tapi Recent News ngeklaim bahwa aplikasi mereka lah yang terbaik dalam keep us updated mengenai hal-hal yang kita minati. Well, kenapa tuh? Ternyata karena aplikasi ini ngegunain AI algoritma yang bisa ngebaca reading habit kita. Dari artikel-artikel yang kita baca sebelumnya, Recent News bisa tau topik apa yang jadi minat kita dan ngasih rekomendasi berdasarkan informasi tersebut. Makannya semakin sering kita ngegunain aplikasi ini, harusnya semakin akurat juga rekomendasi berita yang dia kasih.

 

4. SPREADING ACTIVATION MOBILE

Spreading Activation Mobile (SAM) adalah aplikasi yang dikembangkan oleh Cincinnati Children’s Hospital Medical Center untuk ngelacak kecenderungan bunuh diri seseorang. Dikutip dari Dailymail, dengan ngegunain algoritma komputer, aplikasi ini bisa ngerekam dan ngeanalisis omongan seseorang dan gimana cara dia bicara. Dikutip dari detik.com, SAM juga katanya bisa ngumpulin petunjuk berupa cara ketawa, mendengus, atau mendesah (sighing) hingga nada bicara kita. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan teknologi pelacak wajah yang bisa mengamati apakah seseorang sedang menundukkan wajahnya atau nggak, karena berdasarkan penelitian, remaja dengan kecenderungan bunuh diri lebih serung menundukkan wajahnya.

Dengan ngumpulin berbagai isyarat verbal dan non-verbal tersebut SAM kemudian bakal ngeklasifikasi  mereka ke dalam tiga kategori: suicidalmentally ill, atau nggak keduanya. Katanya sih berdasarkan hasil penelitian, aplikasi ini bisa dengan tepat ngeklasifikasi orang yang punya potensi bunuh diri dengan akurasi 85%. Masih bingung gimana cara kerjanya? Coba deh liat video di bawah ini!

 

5. MYKAI

Another chatbot application that feel like our personal asistant! Kalo Yuna bisa ngebantu kita ngemix and match fashion item, Kai bisa ngebantu kita memanage keuangan. “I can help you manage money, track expenses, and make payments,” kata Kai ketika memperkenalkan diri lewat official website kasisto.com. Yap, nggak kayak aplikasi money management biasa, MyKai juga ngegunain program chatbot yang  ngebuat kita berasa ngobrol sama asisten pribadi. Semakin sering kita ngobrol sama Kai, semakin tau juga dia apa personal finance goals kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *